Langkah Pertama Diet : Berapa Berat Badan Ideal Anda?


Langkah pertama diet adalah mencari tahu berapa sebenarnya berat badan ideal Anda yang dalam dunia diet lebih populer dengan istilah Ideal Body Weight (IBW). Diet kemudian dilakukan dengan berbagai metode, dari yang paling ringan sampai berat untuk mencapai target IBW tersebut.

Dalam arti luas, diet tidak selalu merujuk pada pengertian menurunkan kelebihan berat badan, beberapa orang yang berat badannya kurang atau kurus juga melakukan diet untuk meningkatkan berat badan mereka agar memiliki berat badan ideal. Diet dalam arti melakukan pengaturan pola makan juga dilakukan oleh para penderita diabetes, hipertensi dan asam urat dengan tujuan utama agar penyakitnya tidak kambuh akibat mengkonsumsi nakanan-makanan tertentu.

Memiliki berat badan ideal tidak hanya menunjang penampilan menarik, tetapi juga mengurangi resiko dari berbagai penyakit yang biasa dialami orang-orang berbadan gendut seperti diabetes dan hipertensi. Kelebihan berat badan umumnya terjadi tanpa disadari karena prosesnya memang berlangsung secara pelahan-lahan.

Prinsip diet untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan mengatur pola makan, biasanya cenderung mengurangi, membatasi bahkan sama sekali tidak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi agar jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan junlah kalori yang dibakar menjadi energi.

Dalam kondisi defisit kalori tersebut, tubuh akan memenuhi kebutuhan energi dengan energi cadangan, yaitu lemak yang tersimpan dalam tubuh. Sehingga diet di hari tersebut berhasil menurunkan berat badan setara dengan jumlah lemak tubuh yang dibakar menjadi energi.

Selain pengaturan pola makan, diet juga identik melakukan olah raga dengan intensitas yang secara bertahap terus ditingkatkan. Sehingga dengan semakin banyaknya kekekurangan energi yang dibutuhkan, tubuh juga akan semakin banyak mengeluarkan energi cadangan yang nota bene adalah lemak.

Karena itu, untuk memulai diet harus lebih dulu diketahui, berapa berat badan yang akan menjadi target diet ?

Untuk mengetahui berat ideal disini digunakan Rumus Devine, sesuai sebutannya rumus ini diperkenalkan oleh dr. Devine sejak tahun 1974 sebagai dasar pertimbangan agar dapat memberikan dosis obat secara tepat terhadap para penderita obesitas. Karena berdasarkan penelitian metabolisme obat tertentu memiliki hubungan dengan berat badan ideal.

Sebenarnya untuk menentukan berat badan ideal juga bisa digunakan perhitungan berdasarkan Indeks Massa Tubuh atau lebih dikenal dengan istilah Body Mass Index (BMI). Tetapi metode yang menggunakan rumus Hamwi itu hanya digunakan untuk orang dewasa. Penggunaan rumus Hamwi terdapat dalam artikel "Cek Dulu, Apakah Anda Kurus, Normal atau Gemuk ?"

Kalangan pelaku diet lebih suka mengadopsi Rumus Devine untuk menghitung berapa berat badan ideal mereka. Perhitungan ini dilakukan dengan cara membandingkan jenis kelamin, tinggi badan dan postur tubuh seseorang. Dari data-data tersebut akan diperoleh rentang berat badan ideal, dari yang teringan sampai terberat. Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Ideal Body Weight (pria) = 50 + 2.3 x {[TB(cm) / 2.45] - 60}
Ideal Body Weight (wanita) = 45.5 + 2.3 x {TB(cm) / 2.45] - 60}
* TB = Tinggi Badan

Dengan menggunakan Kalkulator Berat Badan Ideal di bawah ini, perhitungannya akan lebih mudah dilakukan dan hasilnya pun akan lebih akurat. Caranya sangat simpel : Klik gambar yang sesuai (laki-laki atau perempuan), lalu langsung ketikkan usia Anda di kotak nomor dua dan di kotak terakhir ketikkan tinggi badan (dalam satuan Cm). Kemudian kalkulasikan dengan cara mengklik kotak kuning (Calculate your ideal weight)

Powered by YAZIO

Hasil hitungan kalkulator menunjukkan data mengenai batas minimal dan batas maksimal berat badan ideal Anda. Selama berat badan masih bisa dijaga dalam kisaran tersebut, maka berat badan Anda masih tetap dalam kategori ideal.

Setelah target diet diketahui, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang berapa asupan kalori Anda sehari-hari dalam jumlah minimal, sehingga Anda bisa menyusun menu dengan jumlah yang tepat untuk menciptakan kondisi defisit kalori tetapi nyaman agar diet bisa dijalani sampai titik lemak penghabisan.


0 komentar:

Posting Komentar