Diet Ketat Tapi Bobot Masih Tetap ?




Jika Anda sudah menjalani diet ketat tapi merasa berat badan masih belum turun, maka perlu cek ulang tiga hal dibawah ini yang biasanya tidak dilakukan dengan benar, baik dalam proses diet maupun saat menimbang badan.

Tetapi sebelumnya harus benar-benar dipahami dan disadari bahwa berat badan yang Anda miliki sekarang tidak terjadi secara tiba-tiba atau dadakan, melainkan memerlukan proses yang relatif lama. Awalnya berat badan Anda mungkin sudah ideal, atau sedikit lebih. Selama kurun waktu sebelum Anda berniat melakukan diet, selama itu pula dengan rajin menimbun lemak dalam tubuh Anda. Hingga suatu ketika Anda merasa bahwa ternyata penampilan Anda berubah sangat buruk, di saat itu Anda baru menyadari bahwa berat badan Anda ternyata sudah mencapai 70  kilogram lebih.

Lalu Anda berkeinginan hanya dalam satu minggu bisa mengembalikan berat badan menjadi 50  kilogram.  Ini keinginan yang sangat  tidak masuk akal. Anda tidak bisa berlaku mau enak dan mau menang sendiri tanpa mempedulikan hukum alam. Meskipun ada metode diet yang bisa menurunkan belasan kg berat badan dalam seminggu, tetapi diet itu tidak sehat dan menyalahi hukum alam.

Jika Anda bersikeras untuk melanggar hukum alam, maka secara alamiah pula badan Anda akan menerima resiko sesuai dengan pelanggaran yang Anda lakukan. Kemungkinan terbesar adalah terkena batu empedu, selain itu perubahan metabolisme besar-besaran akan merusak mekanisme organ tubuh, dampaknya bisa berbeda-beda bagi masing-masing individu.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Centers of Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, penurunan berat badan yang sehat hanya sekitar 1 kilogram per minggu. Jadi jika hari ini sudah genap seminggu Anda melakukan diet, lalu menimbang badan dan ternyata sudah turun 1  kilogram, bersyukurlah Anda sudah berhasil melakukan diet secara benar dan sehat.

Kembali pada masalah semula, cermati hal-hal berikut ini untuk memastikan perubahan berat badan Anda :

01. Bagaimana cara Anda menimbang badan ?
Berat badan manusia sebenarnya terus menerus mengalami perubahan sepanjang hari, sesuai dengan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh dan proses pembakarannya yang ditemtukan oleh seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan.  Jika berat badan Anda sudah turun 1/2 kilogram atau naik kembali 1/2  kilogram sangat mungkin itu hanya perubahan jumlah makanan yang Anda konsumsi.
Perubahan berat badan tidak terjadi setiap hari, bisa dua atau tiga hari. Jangan menimbang badan setiap hari dan mengharap sudah turun dua kilogram

Karena itu untuk mencatat progress perubahan berat badan secara benar, maka 
-  Gunakan timbangan yang sama
-  Lakukan penimbangan pada waktu yang sama, idealnya pada pagi hari setelah bangun tidur
-  Sebelum menimbang badan, lebih dulu lakukan buang air besar/kecil.

02. Jumlah kalori Anda masih tetap
Berat badan disebabkan oleh menumpuknya lemak di beberapa bagian tubuh. Lemak tersebut pada prinsipnya adalah energi cadangan yang hanya digunakan bila tubuh kita mengalami kekurangan kalori. Prinsip diet adalah bagaimana mengurangi kalori yang biasanya dibutuhkan sehari-hari, sehingga untuk mengatasi kekurangan tersebut tubuh akan menggunakan energi cadangan (lemak), akibatnya lemak akan berkurang sampai pada jumlah cadangan yang sangat minim.

Untuk membakar lemak secara efektif adalah melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak kalori agar tubuh menghabiskan kalori yang masuk melalui asupan makanan, kemudian untuk kekurangannya akan mengambil energi cadangan.

Jika Anda melakukan diet tetapi mengurangi aktivitas fisik, maka hasilnya akan sama saja. Anda tidak menggunakan energi cadangan. Sama haknya ketika sehabis olah raga Anda merasa haus dan lapar, kemudian mengkonsumsi minuman yang manis dan makanan kecil yang mengandung banyak gula dan lemak. Maka jumlah kalori akan kembali bertambah dan energi cadangan tidak terpakai.

03. Dorongan keinginan yang tidak masuk akal.
Jika ingin diet Anda berhasil maka jangan berharap mengalami penurunan berat badan 10 kilogram per minggu. Kalau ternyata bisa turun sampai  2-3  kilogram cermati bagian mana yang terlalu ketat, longgarkan demi kesehatan dan kenyamanan Anda. Jangan bersikeras dengan memaksa perubahan metabolisme tubuh agar tidak terjadi dampak yang tidak diinginkan.

Biasanya memang pada awal diet berat badan yang berlebihan, misalnya 80 kilogram bisa turun sampai 3 kilogram pada minggu pertama, selanjutnya jumlah itu akan mengalami penurunan. Bagi mereka yang memiliki berat 60 kilogram, untuk menurunkan berat badan dalam jumlah yang sama akan sulit dilakukan, idealnya hanya sekitar 1- 1,5 kilogram. Ketika sudah mendekati berat badan ideal penurunannya akan menjadi sangat lambat. Karena itu untuk melakukan diet tidak hanya diperlukan semangat yang menggebu-gebu. Tetapi yang lebih utama adalah konsistensi dan kesabaran.

Salam sehat selalu !

0 komentar:

Posting Komentar